MENU

Cara Unik SMPN 5 Purwokerto sambut kedatangan Raja Salman

Cara Unik SMPN 5 Purwokerto sambut kedatangan Raja Salman

Sebanyak 80 siswa ekstrakurikuler seni rupa SMP Negeri 5 Purwokerto menggambar wajah Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud di depan aula setempat, Rabu (1/3).
 
Masing-masing siswa duduk berhadapan satu sama lain. Lengkap dengan kertas gambar, foto raja Salman dan pensil gambar.
 
Guru Seni Rupa SMPN 5 Purwokerto, Cipto Pratomo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan satu bagian dari kegiata ekstrakurikuler seni rupa yang diampunya. Setiap siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tersebut dibebaskan tidak mengikuti pembelajaran di kelas. "Dibolehkan tidak mengikuti pelajaran, karena mereka juga sudah izin sama guru mata pelajaran masing-masing," kata Cipto.
 
Cipto mengaku sengaja memilih menggambar wajah Raja Salman. Karena d hari yang bersamaan Raja Salman datang mengunjungi Indonesia. Selain itu, Raja yang membawa serta Pangeran-pangerannya ke Indonesia ini menurut Cipto juga merupakan tokoh yang bisa menguntungkan Indonesia. "Dalam pemberitaan media nasional, kedatangannya kan juga mau menjalin kerjasama ekonomi dengan Indonesia," kata dia.
 
Menggambar wajah sang Raja pun menurut dia, sebagai bentuk apresasi ketokohan Raja Salman. Karena dia merupakan tokoh yang membantu Indonesia melalui bidang ekonomi dan tempat wisata. "Kunjungannya juga turut mempromosikan wisata di Indonesia," katanya.
 
Semenjak kabar akan kedatangan Raja Salman di awal bulan Maret tersiar, Cipto aktif mengabarkan ke kelas-kelas, dan mengajak siswa menggambar wajah sang Raja. Semua siswa anggota ekskul seni rupa menurut dia sangat senang dengan rencana sang guru. Bahkan, banyak juga siswa lain yang ingin ikut menggambar.
 
"Kita mencoba mengenalkan tokoh-tokoh dunia, satu di antaranya ya Raja Salman ini. Karena mengenal tokoh sangat penting untuk menanamkan karakter pada siswa. Bagaimana siswa bisa mencontoh karakter-karakter tokoh. Bukan hanya tokoh pemimpin negara saja, kami juga terkadang menggambar tokoh wayang," kata dia.
 
Sementara itu, kepala SMPN 5 Purwokerto, Ibnu Tavip Martapa, mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai satu bentuk sambutan SMPN 5 Purwokerto atas kedatangan Raja Arab Saudi tersebut.
 
"Yang terpenting, di sini penanaman karakterya. Karena Raja Salman merupakan pemimpin dunia dan religius. Sehingga, diharapkan siswa akan mencontoh karakter baik dari Raja Salman, mereka harus mempunyai karakter," katanya.
 
Selain itu, menurut dia, siswa harus mengenal pemimpin di dunia. Kegiatan tersebut menjadi satu ajang siswa dalam mengenal tokoh-tokoh pemimpin dunia. "Bagi kami ini adalah pendalaman karakter anak dalam berbangsa dan beragama," kata dia. (alfiatin)


Sumber Berita: http://satelitnews.co/berita-smpn-5-purwokerto-gambar-raja-salman.

KOMENTAR